Newsroom    20 Mei 2023

Terulang Lagi, Warga Tewas Diterkam Harimau Saat Bekerja di Hutan

Pekanbaru, GREEN-Interaksi negatif antara manusia dengan harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) kembali terjadi di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Kembali lagi, ada korban akibat interaksi tersebut, seorang pekerja penebang kayu tewas secara tragis.

Sebagaimana dilansir Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Sabtu, 20 Mei 2023, kejadian tersebut berlangsung Kamis, 18 Mei 2023 sekira pukul 08.30 WIB. Lokasinya adalah kawasan hutan Sungai Siam, Inhil. Yang menjadi korban kali ini yaitu Arbain bin Sulaiman, berusia 46 tahun, bersuku Banjar. Ia merupakan warga Parit Suak Mas, Desa Teluk Kabung, Kecamatan Gaung, Kabupaten Inhil.

Saat itu, korban berangkat bekerja menebang bersama dua orang rekannya. Mereka sudah menginap di pondok di sekitar tempat bekerja sebelumnya. Dua rekan tersebut masing-masing adalah Sahroni alias Kunet, warga Melatu, Dusun Pisang Baru, Desa Simpang Gaung, Kecamatan Gaung, Kabupaten Inhil dan Suprianto alias Andoi, warga Parit Pulau Piang, Dusun Suka Maju, Desa Teluk Kabung, Kecamatan Gaung, Kabupaten Inhil. 

Berangkat berjalan kaki bertiga sekira pukul 07.00 WIB, korban memimpin dua rekannya. Meski bersama, jarak antara satu dengan yang lain tidak dapat dikatakan berdekatan, karena seorang teman yang tepat di belakang korban berjarak 20 meter darinya. Sehingga, teman yang di belakangnya tak dapat melihat posisi korban ketika mulai dari keberangkatan mereka bekerja. 

Sekira pukul 08.30 WIB, Suprianto melihat korban sudah tergeletak dan meninggal dunia. Kemudian, ia memanggil Sahroni dan mereka langsung mengangkat serta memindahkan tubuh korban lebih kurang tiga meter. 

Tanpa Saksi

Saat itu, di antara para saksi melihat seekor harimau muncul di lokasi kejadian. Namun, mereka mengaku tidak melihat dan mendengar kejadian penerkaman terhadap korban, karena kerasnya suara mesin chainsaw yang memotong pohon.

Para saksi kemudian menginformasikan kejadian tersebut kepada keluarga. Keluarga selanjutnya melakukan penjemputan. Sekira pukul 18.00 WIB, jenazah korban dibawa ke rumah duka di Jalan Pendidikan Rukun Tetangga (RT) 01/Rukun Warga (RW) 01 Desa Teluk Kabung, Kecamatan Gaung, Inhil untuk dikebumikan.

BBKSDA Riau telah menurunkan tim ke tempat kejadian peristiwa (TKP). Tim menemukan maraknya penebangan liar di TKP. Wilayah itu bagian dari habitat harimau sumatra di Lanskap Semenanjung Kampar. BBKSDA juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.    

Selanjutnya, BBKSDA Riau berkoordinasi dengan Kepolisian Sektor (Polsek) Gaung dan pihak terkait untuk bersama-sama mengamankan harimau sumatera dari tindakan anarkis masyarakat. Mereka mengimbau warga menghentikan penebangan liar di kawasan itu guna menghindari kejadian berulang. (din)

 

Teks foto: Korban disemayamkan di rumah duka jelang dilakukan pemakaman, Kamis, 18 Mei 2023, di Desa Teluk Kabung, Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir. (FOTO:IST/BBKSDA Riau)
 

Maton house blok D nomor 7 Jl Bakti VI, Kelurahan Tengkerang Barat
Phone: 082269559867
Copyright @2024. Green Radio Line