https://gemoy22.smkn1cianjur.sch.id/ https://gemoy22.smkn4plg.sch.id/ https://bankntbsyariah.co.id/index/ Radio Kunjungan pertama, Kepala BRGM ke Provinsi Riau - Green Radio Line
Newsroom    23 April 2021

Kunjungan pertama, Kepala BRGM ke Provinsi Riau

Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Republik Indonesia (BRGM RI) Ir. Hartono, MSc, melakukan kunjungan pertamanya di Provinsi Riau, sekaligus menyaksikan penanda tangan MOU antara menyaksikan penandatanganan MoU antara Kedeputian Bidang Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan, dengan Pemkab Bengkalis dan Siak. Setelah itu, Kepala BRGM dan keesokan  hari bersama rombongan melakukan penanaman mangrove bersama kelompokmasyarakat di Dumai.

Hartono mengatakan, Luasnya areal gambut dan mangrove yang harus kami kerjakan tentu memerlukan sinergi yang baik dengan Pemda dan para pihak lain,komunikasi dan koordinasi dengan  pemerintah provinsi serta arahpositif restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove bisa tetap dipertahankan.

Dalam Peraturan Presiden (Perpres) No120/2020, selain mengemban tugas untuk restorasi gambutseluas 1,2 jutahektar di 7 provinsi, BRGM juga bertugas mempercepat rehabilitasi  600.000 hektar mangrove di 9 provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua dan Papua Barat.

Tugas BRGM untuk fasilitas percepatan restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove akan dilakukan dengan bertahap dan koordinasi  melibatkan banyak pihak. Untukprovinsi Riau target rehabilitasi mangrove tahun2021 mencapai 15.000hektar, dan akandikerjakanbersamaBPDAS Indragiri-Rokanyang meliputi wilayah-wilayah diBengkalis,Kepulauan Meranti,Dumai, RokanHilir,Siak, Indragiri Hilir dan Pelalawan.

Perpres 120/2020, pelaksanaan rehabilitasi mangrove dijalankan dengan padatkarya. Selain untuk menggalang pelibatan masyarakat yang lebihluas, halini juga membantu percepatan pemulihanekonomi  dimanawarga yang terlibat mendapatkan manfaat langsungsebagai tenaga penanaman. Bukan halbaru bagi BRGM melaksanakan hal ini. Kegiatan restorasi gambut termasuk di Riau juga melibatkan kelompok-kelompokmasyarakat.

Sementara itu Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar,M.Si., pada sambutan pembukaan kegiatan Sosialisasi menyampaikan dukungan Pemdaterhadap kelanjutan restorasi gambut dan penambahan tugasbaru merehabilitasi mangrove. Pihaknya memandang ini sejalan dengan visi Riau Hijau yang di gadang  Pemerintah Provinsi Riau.

Pada sambutan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Republik Indonesia (BRGM) menyebutkan BRGM adalah lembaga nonstruktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden Republik Indonesia. BRG dibentuk pada 6 Januari 2021, melalui Peraturan Presiden Nomor 120 Tahun 2021 tentang Badan RestorasiGambut dan Mangrove.

Sedangkan percepatan pelaksanaan rehabilitasi mangrove pada areal rehabilitasi mangrove di Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau, ProvinsiKepulauan Riau, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat ( Release )

 

 

 

 

 

 

Maton house blok D nomor 7 Jl Bakti VI, Kelurahan Tengkerang Barat
Phone: 082269559867
Copyright @2024. Green Radio Line