Afdhal    1 September 2022

KEDAI KOPI RIAU SOLUSI RESTORASI GAMBUT DAN MANGROVE

Pekanbaru - 1 September. Sawit, bukan satu-satunya yang dapat mensejahtaerakan masyarakat Riau, meskipun Riau termasuk penghasil sawit terbesar di Indonesia, hal tersebut  disampaikan Gubernur Riau H, Syamsuar dalam sambutannya kemaren, Rabu 31 Agustus 2022, pada acara Launching Program Kedai Kopi Riau, singkatan dari  (  Kedaireka, Kolaborasi, Partisipasi dan Inovasi ) yang diinisiasi Badan Restorasi Gambut dan Mangrove. Acara berlansung di Balai Serindit Aula Gubernuran Riau

Gubernur Riau H. Syamsuar mengatakan tercatat Pemerintah Riau dan KLHK ,luasan sawit di Riau, lebih kurang 3.900.000.000 Ha, menurut Syamsuar masih banyak tanaman lain yang memiliki potensi  yang dapat ditanam ditanah gambut di Provinsi Riau seperti Cabai, Nanas, kopi, aren dan lainnya, karena itu Pemerintah Provinsi Riau menyambut baik program dari BRGM untuk memperbaiki  lingkungan melalui restorasi Gambut dan Mangrove di beberapa Kabupaten untuk Provinsi Riau.

Program Kedai Kopi Riau ini, BRGM bekerjasama dengan dua Perguruan Tinggi  di Indonesia yakni, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Riau,pada acara tersebut masing –masing dari perwakilkan Kampus dalam menyampaikan pemaparan yang sudah dilakukan ditahun sebelumnya dan kelanjutan kegiatan di beberapa kabupaten Provinsi Riau. Program ini melibatkan mahasiwa terjun ke lapagan sebagai  tenaga pendamping dalam penguatan ekonomi masyarakat, dari  Presentasi  IPB University  yang dipaparkan oleh Dr. Alim Setiawan Slamet. S. T.P, M.S1 salah satunya pada materi presentasi, tentang tahapan pembentukan ekosistem Bisnis Perdesaan, yang berbasis potensial lokal  terintegrasi hulu hilir meliputi, 3 unsur yang pertama One Village One Product, yakni potensi produk dan inisiasi kelembagaan, peningkatan kapasitas SDM, melalui pelatihan dan pendampingan, unsur kedua  One Village One Inovation pengembangan produk, perbaikan mutu dan peningkatan nilai tambah, adopsi inovasi teknologi tepat guna dan fasilitasi mesin/ Peralatan unsure ketiga  One Village One Exportir, branding digital, marketing fasilitasi ekspor dan fasiltas akses keuangan. Sementara itu pada materi presentasi dari Universitas Riau disampaikan oleh Dr. Eng. Sigit Sutikno, ST, MT tekait pengelolaan tata air dengan membuat sekat kanal, pengukuran tinggi muka Air bersama konsesi dan masyarakat desa sebagai upaya mitigasi kebakaran lahan serta pembasahan lahan gambut.

Acara ini juga dilakukan serimonial pelepasan Mahasiswa yang akan terjun kelapangan secara dengan penyematan jas almamater yang diwakili mahasiswa masing –masing  kampus.

Maton house blok D nomor 7 Jl Bakti VI, Kelurahan Tengkerang Barat
Phone: 082269559867
Copyright @2023. Green Radio Line