Newsroom    8 Mei 2024

Green Radio Line Mengenalkan Media Era Baru ke Sekolah

Tim Green Radio Line (GRL) Pekanbaru menyambangi SMAN 1 Kampar Kiri Hulu, buat mengenalkan media era baru, Selasa 7 Mei 2024. Kehadiran tim disambut antusias oleh majelis guru terutama para siswa kelas X dan XI, mulai pukul 9.00.wib. Tim mengenalkan sejumlah kanal media yang dapat menyalurkan produk jurnalistik era modern. Seperti radio, website hingga berbagai platform media sosial. Antar lain, facebook, instagram, spotify dan x yang juga digunakan jadi wadah penyalur berita.

Koordinator redaksi GRL, Suryadi, mengenalkan pentingnya pengembangan jurnalisme di sekolah. Pendidikan jurnalistik sangat perlu diberikan sejak dini pada siswa. Keberanian dan pengetahuan mereka harus ditumbuhkan sejak di bangku sekolah. Setelah itu memulai kemampuan menulis terlebih lagi mewawancarai orang-orang dari berbagai kalangan. Suryadi mengatakan tugas wartawan adalah adalah menyampaikan kebenaran. Walau sekarang semua siswa memiliki media sosial, mulailah menyampaikan kabar penting dan berguna bagi orang banyak. Termasuk informasi mengenai lingkungan di desa ini," 

Direktur Program dan Operasional GRL, Sari Indriati, mengatakan kegiatan ini masih permulaan. Selanjutnya tim dan pihak sekolah akan menyusun agenda pelatihan secara khusus. Dalam kesempatan ini, dia juga menyinggung potensi kawasan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling serta mengajak keterlibatan siswa dalam memanfaatkan studio podcast Radio Komunitas Lintas Subayang yang sekarang menjadi dampingan sejak 2023. Sari juga bercerita dirinya sering hilir mudik berkegiatan di Kampar Kiri Hulu khususnya Rimbang Baling sejak Tahun 2013.

Radio Komunitas Lintas Subayang berdiri sejak 2017 di Desa Tanjung Belit. Tak berapa lama lagi juga akan dibuka studio podcast di Desa Gema. Tak jauh dari SMAN 1 Kampar Kiri Hulu. Penyiar GRL, Arif Perdana, mengajak siswa untuk memanfaatkan fasilitas tersebut buat pengembangan minat dan bakat.

Kegiatan ini didukung oleh Integrited Tiger Habitat Conservation Program (ITHCP) oleh Yapeka dan Konsorsium Kerabat. Green Radio Line Pekanbaru salah satu mitra pendampingan dan konsultan media multikanal. Dalam periode ini turut mendampingi Radio Komunitas Lintas Subayang yang berada di Desa Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kampar.

Kepala SMAN 1 Kampar Kiri Hulu, Muhammad Hariri Mustofa, mendukung penuh kegiatan dan rencana ke depan untuk peningkatan kemampuan siswa. Sebelumnya, mereka juga pernah mengadakan pelatihan jurnalistik namun terhenti setelah siswa yang mendapat pendidikan menamatkan sekolah.

Terkait lingkungan, sekolah ini juga akan menerapkan kurikulum pendidikan berkelanjutan dan kearifan lokal. "Kami senang dengan kehadiran tim green radio line Pekanbaru di sekolah ini. Kami harap dapat membantu pengembangan dan peningkatan program di luar kelas," kata Muhammad Hariri Mustofa, usai pengenalan.*redaksi

 

Maton house blok D nomor 7 Jl Bakti VI, Kelurahan Tengkerang Barat
Phone: 082269559867
Copyright @2024. Green Radio Line